Propaganda dan Opini Publik -->

Advertisement

Propaganda dan Opini Publik

Latif Fianto
Monday, April 13, 2020

Propaganda menjadi salah satu teknik berkomunikasi yang sangat luar biasa dalam mempengaruhi Opini Publik. Perkembangan sejarah dari masa ke masa telah membuktikan bagaimana propaganda sangat berperan dalam keberhasilan agenda politik dan perluasan kekuasaan. Sejak bergulirnya Perang Dunia I hingga Perang Dunia II, propaganda menjadi kajian utama para ahli dalam perkembangan komunikasi politik.
Akibat beberapa kejadian pula, propaganda menjadi kegiatan yang sarat kebohongan sehingga mengalami pemburukan makna. Hal ini mengakibatkan propaganda politik tidak disukai bahkan ditolak di negara yang menganut sistem demokrasi seperti Indonesia, dan baru bisa diterima jika propaganda dalam komunikasi politik dilakukan dalam bentuk lain, yaitu public relations politik.
Buku ini berusaha mengurai sejarah propaganda dari masa ke masa, termasuk bagaimana propaganda mengalami pergeseran atau pemburukan makna. Selain daripada itu, di dalam buku ini juga dibahas kedahsyatan propaganda dalam mempengaruhi publik, termasuk peran media massa yang juga memiliki kekuatan sangat besar dalam mempengaruhi khalayak.